Kamis, 27 Februari 2014

Islamic Banking Professional (IBP) Programme

Program IBP didesain agar para peserta dapat memahami lebih mendalam dan detail mengenai Perbankan Syariah, mulai dari Dasar Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, Akad-akad Syariah, Operasional Perbankan Syariah, Treasury, Manajemen Risiko, Perbankan Mikro hingga Aspek Hukum Produk Perbankan Syariah.

Kompetensi lulusan Program ini akan siap untuk menjadi praktisi Perbankan Syariah pada level manajerial ke atas, yaitu manager pembiayaan, manager pendanaan, manager pengembangan produk, legal officer, shariah compliance officer, pimpinan cabang, pimpinan divisi dengan taraf internasional.


Program ini akan dilaksanakan dalam tiga bagian, dimana pada bagian pertama dan kedua akan mempelajari masing-masing empat modul dan pada bagian ketiga adalah magang di Lembaga Keuangan Syariah.

Bagian Pertama  (Modul Dasar Umum)
  1. Islamic Economics and Finance
  2. Islamic Banking Operation
  3. Islamic Banking Financing
  4. Islamic Bank Commercial Contracts
Bagian Kedua  (Modul Khusus)
  1. Islamic Bank Risk Management
  2. Islamic Bank Treasury
  3. Legal Aspects of Islamic Banking Products
  4. Islamic Micro Banking

Bagian Ketiga (Magang)
  1. Magang di Lembaga Keuangan Syariah

Jangka Waktu
Program ini dilaksanakan selama lima bulan, termasuk magang di Lembaga Keuangan Syariah selama 1 bulan.

Persyaratan untuk Mengikuti Program
Kualifikasi akademis untuk mengikuti program adalah sarjana lulusan S1 dari segala bidang; atau lulusan diploma (D3) dari institusi yang diakui oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan pengalaman bekerja minimal selama satu tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar